Yuk Eksplor Wisata Gua Di Kota Kebumen

Wisata Gua Di Kota Kebumen

Sudah mempunyai rencana akan berlibur kemana? Pasti pilihan Anda jatuh ke kota-kota besar yang sudah terkenal dengan pariwisatanya, ya! Tapi tak ada salahnya loh untuk mencoba mengeksplor kota lainnya yang kadang mempunyai potensi wisata yang luar biasa. Tak kalah dengan kota-kota besar seperti Malang, Jogja, Semarang, Solo ataupun Bandung. Sebagai salah satu alternatif, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi Kota Kebumen. Kota Kebumen dapat ditempuh menggunakan kereta api dari Jakarta. Harga tiket kereta ke Kota Kebumen pun terjangkau apalagi jika Anda membelinya dari jauh hari.

Kota Kebumen dikenal sebagai salah satu kota kecil di Jawa tengah yang ternyata memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Mungkin popularitasnya memang kalah dibanding kota di Jawa Tengah yang lain seperti Solo, Semarang atau Yogyakarta. Namun bukan berarti kota kecil yang satu ini tidak memiliki keistimewaan dalam hal pariwisata. Ternyata Kota Kebumen memiliki obyek wisata gua yang belum banyak orang ketahui. Gua ini cocok loh untuk dijadikan destinasi wisata Anda karena tentu akan memberikan sensasi yang berbeda jika dibanding dengan wisata di kota besar.

Lalu, ada Gua apa saja sih yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata di Kota Kebumen?

Gua Jatijajar

Mungkin bagi Anda yang gemar traveling sudah mengenal Gua yang satu ini. Ya, dibandingkan dengan Gua di Kota Kebumen yang lain, Gua Jatijajar merupakan wisata Gua yang paling terkenal. Gua ini memiliki panjang mencapai 200 meter dan lebar rata-rata 15 meter, Gua ini cukup nyaman untuk dikunjungi sebagai tempat wisata karena mudah dijangkau dan tidak terlalu ekstrim. Apalagi ketinggian Gua yang mencapai 12 meter membuat suasana di dalam Gua menjadi tidak sumpek dan tidak sempit. Di dalam Gua Jatijajar, terdapat berbagai patung unik yang melambangkan bahwa Gua ini memiliki kaitan erat dengan cerita legenda Lutung Kasarung.

Gua Petruk

Gua selanjutnya yang bisa dijadikan destinasi wisata Anda di Kota Kebumen adalah Gua Petruk. Gua Petruk sendiri dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama yang letaknya agak di depan merupakan habitat tempat tinggal kelelawar penghuni Gua makanya tempatnya lebih gelap. Sedangkan Gua bagian kedua ada di wilayah yang lebih dalam dibanding Gua pertama. Di Gua Petruk bagian kedua, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan stalaktit dan stalagmit alami dengan bentuk yang beragam menambah keindahan saat Anda berada di dalam Gua.

Gua Banyu

Bagi Anda yang menyukai wisata ekstrim, Anda wajib mengunjungu Gua Banyu. Karena masuk ke dalam Gua Banyu membuutuhkan waktu dan perjuangan yang cukup berat. Bagian dalam Gua Banyu ini digenangi air dan jalan masuknya pun cukup sempit, cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang. Meskipun butuh perjuangan ekstra untuk bisa masuk Gua ini, namun perjuangan Anda akan terbayar dengan panorama indah di bagian dalam Gua yanng menakjubkan untuk disaksikan dengan mata telanjang.

Gua Barat

Gua Barat memiliki julukan sebagai Gua Seratus Air Terjun. Sebutan tersebut disematkan kepada Gua Barat karena di dalam Gua ini terdapat beberapa air terjun dengan ketinggian beragam. Dari yang tingginya 5 meter hingga yang tingginya mencapai 20 meter.

Siap menjelajahi wisata Gua di Kota Kebumen? Jangan lupa selain perbekalan yang cukup, persiapkan juga fisik yang fit.

Like and Share ya 🙂