Cara dan Tips Hemat Biaya Renovasi Rumah

Cara dan Tips Hemat Biaya Renovasi RumahTembok rumah perumahan murah di Jakarta sudah mulai retak, cat pagar sudah mengelupas bahkan nampak ada karat, plafon rumah tampak berwarna kekuningan karena rembesan air hujan akibat genteng yang sempat bocor, engsel pintu yang sudah tidak berfungsi dengan semestinya.

Jika pemandangan seperti ini sudah nampak di rumah kamu, apa yang akan kamu lakukan? Tentu kamu ingin agar rumah dapat segera di renovasi bukan?

Tapi, tunggu dulu, tidak segampang itu untuk memutuskan merenovasi rumah. Banyak orang jadi pusing memikirkan biaya renovasi rumah. Namun, bukan artinya kita berdiam diri saja melihat kondisi rumah yang perlu renovasi tersebut. Segala sesuatu pasti ada solusinya. Mari simak ulasan berikut ini mengenai tips menghemat biaya renovasi rumah kamu. Lakukan setiap langkah dari tips di bawah ini.

Tentukan Skala Prioritas

Segala sesuatu memang perlu direncanakan agar tidak melenceng dari tujuan yang diinginkan. Melalui perencanaan, kamu perlu membuat skala prioritas. Di sinilah, kamu perlu menetapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, atau apa yang tukang bangunan inginkan. Jika kamu hanya mengikuti kemauan, entah itu kemauan kamu atau kemauan tukang bangunan, sudah dipastikan biaya renovasi yang diperlukan melambung tinggi.

Sebagai contoh, jika kamu bertujuan merenovasi kamar anak, maka lakukan sesuai rencana. Jangan ikuti godaan untuk merenovasi hal-hal lainnya seperti menambah pernak-pernik, wallpaper dan lain sebagainya karena akan menambah biaya diluar perencanaan. Biaya renovasi rumah sesungguhnya tidak akan membengkak jika kita fokus pada skala prioritas, sesuai dengan biaya yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sudah dapat dipastikan kamu akan kelabakan dan pusing tujuh keliling ketika tidak mengikuti skala prioritas.

Manfaatkan Bahan Bangunan Bekas Yang Masih Layak Pakai

Mungkin kamu pernah melakukan renovasi rumah sebelumnya.Biasanya ada barang-barang bekas yang nampak masih bisa terpakai dan hanya perlu sedikit polesan untuk membuatnya tampak lebih menarik.Misalnya, ada sisa genteng yang masih oke, alat sanitasi yang hanya perlu sedikit dibersihkan dan juga kaca jendela.Atau mungkin ada bekas cat yang masih tersisa dan masih dapat digunakan. Lumayan kan untuk mengurangi biaya pembelian barang baru?Oleh sebab itu, setiap kali kamu merenovasi rumah, kamu perlu melakukan seleksi, barang mana saja yang masih dapat dipakai di kemudian hari atau harus dibuang.Siapa tahu barang tersebut masih bermanfaat untuk melakukan renovasi rumah selanjutnya. Tidak ada salahnya kamu menggunakan barang-barang bekas yang masih layak pakai. Gunakan kreativitas kamu untuk menekan biaya renovasi rumah kamu.

Hitung Volume Harga Pengerjaan

Ketika semua bahan bangunan yang diperlukan untuk renovasi perumahan murah di Jakarta sudah tersedia, tiba saatnya dalam proses pengerjaannya. Ada kalanya penghitungan sebelumnya tidak sepenuhnya sesuai dengan proses pengerjaan. Misalnya, ada kesalahan perhitungan sehingga perlu penambahan dinding atau perlunya penambahan semen dan lain sebagainya. Belum lagi karena hal-hal yang tidak terduga seperti penambahan pekerjaan instalasi mekanikal, elektrikal, plumbing yang terdiri dari jaringan listrik, telepon dan saluran air kotor. Sebagai informasi, rincian komponen pekerjaan sangat fleksibel dan sewaktu-waktu dapat berkembang.

Hitung Rencana Pengeluaran

Langkah selanjutnya untuk melakukan renovasi rumah dengan biaya yang murah adalah dengan mengitung rencana pengeluaran. Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan.

Pilih Kontraktor atau Jasa Tukang yang Tepat

Biasanya untuk pembangunan atau renovasi rumah di kota besar, kebanyakan orang menggunakan jasa kontraktor. kamu akan mendapatkan hasil yang berkualitas jika kamu memilih kontraktor yang tepat.kamu dapat menanyakan kepada rekan atau kenalan yang pernah menggunakan jasa kontraktor berpengalaman di kota kamu.Memang biaya untuk jasa kontraktor yang berpengalaman dengan hasil yang memuaskan cukup mahal. Namun sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.Jangan sampai hanya karena ingin menghemat biaya, kamu memaksakan diri untuk menggunakan kontraktor yang murah namun belum berpengalaman.Jika memang, biaya yang dipersiapkan terbatas, ada baiknya kamu menggunakan jasa tukang bangunan saja.Carilah jasa tukang yang teliti, jujur, berpengalaman dan tentu saja yang dapat diajak berdiskusi perihal proses renovasi rumah agar sesuai dengan biaya yang sudah direncanakan sebelumnya.

Mengetahui Cuaca

Selain pemilihan material dan juga tukang pengerja renovasi rumah kamu, ketahui cuaca yang baik untuk melakukan renovasi rumah kamu agar hasilnya memuaskan.kamu tidak mau kan kalau pengerjaan renovasi rumah kamu terbengkalai atau hasilnya tidak sesuai yang diinginkan karena cuaca yang tidak mendukung? Waktu renovasi rumah yang tepat untuk renovasi skala besar adalah menjelang akhir musim hujan, dimana saat itu hujan dengan intensitas kecil masih turun. Karena ketika kamu sedang melakukan pengerjaan bata pada musim tersebut, ikatan antar bata akan menjadi kuat karena pengaruh cuaca yang lembab. Lain halnya jika cuaca terlalu kering, pasangan bata yang baru dibangun justru akan mengalami retak.

Renovasi rumah memang seharusnya dilakukan secara berkala mengingat rumah kamu adalah istana kamu. Selain renovasi rumah, kamu juga dapat mempercantik halaman rumah kamu dengan biaya yang murah.

Like and Share ya 🙂