Apa Itu Insomnia?

Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan tidur, khususnya tidur pada malam hari.Insomnia adalah masalah kesehatan yang sering dijumpai di semua lingkungan, baik pada Negara maju maupun dinegara yang sedang berkembang. Para penderita insomnia juga tidak terbatas pada kisaran usia tertentu. Segala umur dapat terkena imsomnia entah itu bayi, kaum remaja, dewasa atau lanjut usia.

Pada penderita insomnia umumnya tidak bangun tidur dalam keadaan fresh atau segar. Mereka malah tampak lemas, jadi loyo dan terlihat kurang bersemangat, masih ngantuk juga perasaan tidak enak lainnya.keadaan ini dapat pula menguras energi emosional. Suasana hati dan perasaan menjadi terganggu, kinerja dan kualitas hidup juga terkena imbasnya.

penderita insomnia

Kebutuhan tidur dimalam hari tiap orang bisa berbeda-beda.Tapi pada umumnya bagi orang dewasa tidur antara 7 sampai delapan jam.Diperkirakan ada /3 orang dewasa yang mengalami insomnia dan sekitar 10 samapai 15 % menderita insomnia kritis (jangka panjang).

Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman. Keadaan ini dapat membuat seseorang yang berprestasi lebih baik. Dengan beban pikiran prestasi itu yang menjadi salah satu penyebab insomnia.

Insomnia dapat didefenisikan sebagai suatu persepsi seseorang yang terus merasa tidak bisa tidur atau merasakan kualitas tidur yang tidak baik.Meskipun orang itu sebenarnya mempunyai kesempatan tidur yang cukup.Hal Ini dapat menyebabkan perasaan yang tidak fresh setelah terbangun dari tidur.

Penderita insomnia berbeda dengan orang yang memang waktu tidurnya pendek (short sleepers) yaitu mereka yang memiliki keperluan tidur sedikit setiap hari. Jadi walaupun jam tidur mereka tidak cukup, namun mereka tetap merasa bugar pada waktu bangun tidur. Mereka juga bisa beaktifitas dengan normal pada siang hari seperti orang yang tidur dalam jangka waktu yang panjang.Pada umumnya mereka juga tak mengeluh mengenai tidur mereka dimalam hari.

Kita harus memahami bahwa tidur tidak sekedar mengistirahatkan badan. Ketika tidur, kita juga mengistirahatkan otak kita, khususnya pada bagian korteks. Dibagian ini adalah bagian otak terpenting dengan fungsi mental tertinggi yaitu digunakan untuk dapat mengingat, membayangkan ,memvisualkan, dapat menilai, serta memberikan alasan untuk suatu hal.

Like and Share ya 🙂